Tips Berkebun di Rumah untuk Pemula

  • October 22, 2021

Berkebun di rumah merupakan salah satu aktivitas yang ternyata bisa menyehatkan tubuh sekaligus membuat pikiran Anda lebih segar dan rileks. Tak hanya itu, berkebun di rumah yang melibatkan aktivitas seperti menggali tanah, mengangkut pot atau pasir, dan memanen dapat meningkatkan kekuatan fisik, kesehatan jantung, menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu mempertahankan berat badan serta membuat kualitas tidur Anda lebih baik. 

Berkebun di rumah juga dapat menumbuhkan perasaan yang tenang dan membuat Anda lebih kreatif. Dengan mengetahui manfaat tersebut, tentu Anda jadi tergoda untuk segera melakukannya.

Jika Anda merupakan seorang pemula yang baru saja tertarik untuk berkebun, sebaiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini yang cocok untuk Anda praktikkan.

Tips berkebun di rumah untuk pemula salah satunya pilih tanaman yang mudah dirawat, seperti kaktus

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Berkebun memerlukan Anda untuk mengetahui lokasi yang tepat untuk menumbuhkan tanaman agar tetap hidup. Anda bisa menempatkan tanaman di lokasi yang terang. Hal ini karena sebagian besar tanaman membutuhkan waktu sebanyak 6 hingga 8 jam dalam sehari untuk terpapar sinar matahari secara langsung. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang masih bisa mentolerir jika tumbuh di daerah yang tidak begitu terkena sinar matahari langsung.

Selain itu, sebaiknya Anda menanam tanaman bukan di tanah yang sering tergenang. Jika kerap terjadi genangan di daerah tersebut, itu artinya ada air terlalu banyak di tanah. Hal ini akan membuat akar tanaman selalu basah dan meningkatkan proses pembusukan. Jika tanah yang akan digunakan untuk tempat tumbuh tanaman Anda ada banyak batu, sebaiknya singkirkan batu-batu tersebut karena dapat mengganggu pertumbuhan akar dan membuatnya jadi tanaman yang lebih lemah.

Hindari menanam tanaman di tempat yang kerap diterpa angin yang kencang yang dapat merusak tanaman yang masih muda dan mencegah terjadinya penyerbukan. Anda juga perlu memberikan bahan organik sebagai pupuk agar tanah tempat tumbuh tanaman Anda menjadi subur sehingga memiliki nutrisi yang cukup untuk membantu tanaman cepat bertumbuh. 

2. Jangan Terburu-buru

Rencanakan kebun Anda dengan hati-hati. Anda bisa memulai menanam sedikit tanaman terlebih dahulu daripada terburu-buru menanam terlalu banyak dan terlalu cepat. Berapapun ukuran kebun Anda, pastikan Anda tetap masih memiliki jalur yang memungkinkan Anda untuk mengakses tanaman tersebut agar bisa disiangi dan dipanen. Pastikan juga Anda bisa mencapai tengah barisan tanaman tanpa harus menginjak tanah yang menjadi media tumbuh tanaman Anda.

3. Pilih Sayuran yang Tepat

Sebagai pemula, Anda sebaiknya memulainya dengan memilih sayuran yang mudah untuk ditanam dan produktif. Jika Anda tinggal di daerah yang cuacanya sangat panas, tentu tidak cocok untuk menumbuhkan tanaman atau sayuran yang menyukai suhu yang lebih dingin. Anda bisa memulai berkebun dengan menanam sayuran yang mudah untuk ditanam seperti selada, kacang hijau, lobak, tomat, timun jepang, paprika, bit, wortel, chard, bayam, atau kale, dan kacang polong.

Tips untuk memilih sayuran saat Anda berkebun di rumah adalah sebagai berikut.

1. Pilih Sayuran yang Anda dan Keluarga Konsumsi

Jika Anda tidak menyukai mengonsumsi kecambah brussel, maka sebaiknya tidak menumbuhkannya di kebun Anda. Namun, jika anak-anak Anda menyukai kacang hijau, cobalah untuk menanam kacang hijau dalam jumlah besar.

2. Bersikap Realistis

Anda perlu berhati-hati untuk tidak menanam tanaman sayuran terlalu banyak, karena hanya akan membuat tubuh Anda lelah karena mencoba merawat banyak tanaman. Jika hasil sayuran yang didapatkan dari berkebun di rumah berlebih, dan tidak bisa dikonsumsi keluarga Anda di rumah, Anda bisa membagikannya ke teman atau tetangga Anda.

3. Pertimbangkan Ketersediaan Sayur di Toko Bahan Makanan

Terkadang ada beberapa jenis sayuran yang jarang tersedia di toko sayur atau bahan makanan langganan Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam sayuran tersebut saat berkebun di rumah. Anda juga bisa menanam tanaman obat keluarga yang tentunya sangat dibutuhkan oleh anggota keluarga di rumah Anda, daripada harus repot-repot beli ke toko atau supermarket.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk berkebun di rumah jika Anda masih pemula. Persiapkan dan rencanakan dengan matang, namun jangan lupa untuk rileks atau tenang saat sudah mulai berkebun. Selamat mencoba.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*