Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Sakit

Cara Mengatasi Telapak Tangan yang Sakit

  • October 27, 2021

Pernahkah Anda mengalami kondisi telapak tangan sakit? Rasa sakit pada telapak tangan memang sungguh menyiksa karena rasa tersebut menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas harian dengan baik seperti mengetik.

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa mengetik merupakan salah satu kegiatan yang penting terutama pada perkantoran untuk mengetikkan dokumen, artikel, notulensi, dan sebagainya yang terkadang tindakan itu dapat melebihi batas kewajaran sehingga akhirnya tangan Anda mengalami pegal dan nyeri.

Anda pun tidak terlalu memedulikan kondisi tersebut karena hal tersebut merupakan hal yang biasa sehingga Anda mengabaikannya.

Padahal kondisi tangan yang nyeri tersebut pertanda bahwa Anda sebenarnya sedang terserang penyakit-penyakit yang bisa kronis sifatnya.

Atau dalam waktu dekat mengalami sindrom terowongan karpal yang menyebabkan Anda mengalami nyeri dan kesemutan.

Jika sudah seperti ini sebaiknya Anda segera melakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada telapak tangan Anda. Seperti apa saja caranya? Simak di bawah ini!

Istirahatkan tangan sebentar dan pijat

Saat Anda sudah merasakan kelelahan yang cukup parah pada tangan, Anda bisa terlebih dahulu mengistirahatkan tangan sebentar kemudian pijat-pijat.

Ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan saat pekerjaan harian menumpuk. Lakukanlah selama 10 menit agar pegal dan sakit di tangan Anda menghilang.

Kompres dengan es batu

Anda juga bisa mengatasi telapak tangan sakit dan terasa ngilu dengan mengompreskan tangan Anda memakai es batu.

Lakukanlah selama 15 menit. Jika Anda tidak tahan terhadap rasa dingin yang dihasilkan, Anda bisa menggantinya dengan air hangat. Cara-cara ini setidaknya dapat meminimalkan nyeri dan meredakan pembengkakan sehingga Anda dapat beraktivitas kembali.

Konsumsi nanas dan pisang

Mengonsumsi 2 buah tropis ini juga akan membantu usaha Anda untuk dapat mengatasi rasa pegal berujung nyeri pada telapak tangan Anda.

Nanas diketahui mengandung bromelain yang sangat ampuh meredakan pembengkakan dan merangsang produksi protein antiperadangan dalam tubuh.

Sedangkan pisang adalah buah yang kaya akan vitamin B6 yang dapat mengurangi frekuensi munculnya kembali sindrom terowongan karpal di tangan Anda.

Selain itu, konsumsilah makanan dan minuman vitamin C supaya dapat meredakan nyeri pada telapak tangan.

Beberapa cara di atas adalah cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah sehingga tidak perlu ke dokter.

Namun jika Anda mengalami rasa sakit yang cukup parah seperti adanya luka terbuka, tangan yang berubah bentuk, kesemutan, kebas, tertusuk, segeralah konsultasikan ke dokter.

Jangan sampai Anda terlambat konsultasi sebab jika terlambat pemberian diagnosis dan terapi menjadi tidak berguna sama sekali.

Pemberian ini justru akan menghambat optimalisasi penyembuhan pada nyeri dan pembengkakan di tangan Anda dan dapat bersifat jangka panjang untuk efeknya.

Selain diagnosis dan terapi, terdapat juga beberapa pemeriksaan lain untuk menunjang seperti pemeriksaan dengan sinar X, CT scan, MRI atau USG.

Hasil dari pemeriksaan-pemeriksaan ini akan dapat menentukan tindakan penanganan yang paling tepat.

Namun jika hasilnya meragukan, pemeriksaan dapat dilakukan dengan artroskopi dengan menggunakan kamera dan alat kecil seukuran pensil.

Untuk terapi yang dilakukan bergantung pada tingkat keparahan serta kondisi umum yang dimiliki pasien, dan jenis cederanya. 

Semua hal ini menjadi faktor-faktor yang dipertimbangkan saat hendak melakukan terapi. Adapun terapi yang dapat dilakukan adalah sama seperti seperti yang bisa Anda lakukan, yaitu mengistirahatkan tangan yang cedera dan mengompresnya dengan air dingin kemudian konsumsi obat-obatan pereda nyeri, dan pemberian alat bantu berupa splint dan fisioterapi.

Jika semua terapi ini tidak berhasil, dokter akan meminta pasien untuk melakukan operasi sebagai pengobatan telapak tangan sakit.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*