Mengenal Material Kondom yang Bagus dan Cara Pakainya

  • October 14, 2021

Bagi pasangan yang belum ingin punya anak, kondom menjadi salah satu alat kontrol kehamilan yang cukup efektif. Supaya pemakaian kondom lebih maksimal, Anda dan pasangan harus bijak dalam memilih kondom yang bagus

Perlu diketahui, ada beberapa jenis kondom yang tersedia. Setiap jenis terbuat dari material yang berbeda-beda. Perbedaan material ini akan mempengaruhi kualitas serta kenyamanan Anda saat menggunakan kondom. 

Merek kondom yang bagus perlu dipilih saat hendak mencegah kehamilan

Apa saja material kondom yang bagus?

Tidak semua jenis kondom nyaman untuk digunakan. Ada beberapa material kondom yang lebih dianjurkan, contohnya seperti: 

  • Latex

Material kondom yang paling umum adalah latex. Hampir sebagian besar jenis kondom yang Anda temukan di toko obat adalah kondom berbahan dasar latex. 

Bahan latex terbukti ampuh dalam memberikan perlindungan untuk mencegah kehamilan. Meski begitu, ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap latex, sehingga tidak semua orang bisa menggunakan kondom jenis ini.

  • Poliuretan

Ada kondom yang terbuat dari bahan dasar berupa poliuretan yang merupakan sejenis plastik. Kondom jenis ini adalah alternatif kondom yang cukup populer dan cocok digunakan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap latex. 

Dibandingkan dengan kondom latex, kondom dari poliuretan memiliki tekstur yang lebih tipis, namun tetap bisa melindungi Anda dan pasangan ketika melakukan hubungan seksual. 

  • Polyisoprene

Material kondom yang bagus berikutnya adalah polyisoprene. Ini merupakan bahan yang menyerupai latex, namun tidak mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan alergi. Sehingga, kondom dengan material ini cocok dijadikan alternatif kondom latex. 

Dibandingkan dengan poliuretan, material kondom ini lebih tebal. Akan tetapi teksturnya lebih lembut dan kurang menyerupai karet, sehingga lebih renggang dan kurang bisa melekat dengan baik ketika digunakan. 

  • Kulit domba

Sebelum kondom dibuat dari latex, kondom pada zaman dulu dibuat dari kulit domba. Kulit domba yang dipakai adalah kulit selaput dari usus domba. Selaput ini cukup kuat dan tahan lama sehingga dianggap sebagai material kondom yang bagus dan alami.

Kondom dari kulit domba cenderung lebih tipis dan bisa membantu mengontrol kehamilan. Namun, kulit domba yang dipakai pada kondom ini memiliki pori-pori dan sedikit berlubang, sehingga kurang bisa melindungi Anda dan pasangan dari penyakit menular seksual. 

Itu adalah jenis-jenis material kondom yang umumnya digunakan. Anda bisa memilih kondom dengan material yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. 

Memakai kondom dengan tepat

Agar Anda dan pasangan bisa mencegah kehamilan dengan lebih maksimal, Anda perlu memakai kondom dengan cara yang tepat. Berikut ini cara memakai kondom yang bagus: 

  • Pakai selama 30 menit

Anda dianjurkan memakai satu kondom hanya dalam waktu maksimal 30 menit. Apabila aktivitas seksual Anda dan pasangan berlangsung cukup lama, maka gantilah kondom tersebut setiap 30 menit sekali. 

Karena, setelah digunakan selama kurang lebih 30 menit, kualitas kondom akan menurun akibat gesekan. 

  • Jangan gunakan dua kondom

Jika Anda mengira pemakaian dua kondom sekaligus bisa memberikan hasil yang maksimal, maka perkiraan tersebut adalah pemahaman yang keliru. Pada dasarnya, satu kondom saja sudah bisa memberikan perlindungan untuk mencegah kehamilan.

Justru, pemakaian dua kondom di saat bersamaan akan memicu gesekan yang membuat tekstur kondom menjadi mudah robek dan rusak. Ini justru akan menurunkan kualitas kondom yang digunakan.

Bijaklah dalam memakai kondom apabila Anda ingin mencegah kehamilan bersama pasangan. Pilihlah material kondom yang bagus, yang bisa memberikan kenyamanan serta keamanan ketika berhubungan seksual.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*