Ini Waktu yang Tepat Untuk Tes Swab PCR

  • November 12, 2021

Tes swab PCR adalah salah satu pemeriksaan untuk mendeteksi apakah ada virus yang aktif dalam tubuh. Tes swab PCR banyak digunakan dalam mendeteksi virus corona aktif karena keakuratannya yang maksimal atau sempurna.

Dibanding dengan rapid tes antigen terlebih rapid tes antibodi, tes swab PCR adalah standar emasnya. Rapid tes antigen bisa mendeteksi virus aktif tapi hasilnya bis tidak akurat, sementara rapid tes antibodi hanya bisa mendeteksi adanya infeksi virus di masa lalu. 

Dalam beberapa kasus, setelah tes antigen atau antibodi, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengambil tes lanjutan seperti tes swab PCR. Ini bisa jadi karena hasil tes sebelumnya dinilai tidak akurat dan membutuhkan konfirmasi.

Berikut ada waktu yang tepat untuk mengambil tes swab PCR.

Apa itu tes PCR

PCR memiliki kepanjangan, yaitu polymerase chain reaction. Tes PCR berarti tes untuk mendeteksi materi genetik dari organisme atau patogen tertentu, seperti virus. Tes ini mendeteksi keberadaan virus saat ini, bahkan setelah tubuh tidak lagi terinfeksi.

Apa itu tes PCR COVID-19?

Tes polymerase chain reaction (PCR) untuk COVID-19 adalah tes molekuler yang menganalisis spesimen pernapasan bagian atas Anda, dan mencari materi genetik (DNA atau RNA) dari SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. 

Para ilmuwan menggunakan teknologi PCR untuk memperkuat sejumlah kecil RNA dari spesimen menjadi asam deoksiribonukleat (DNA), yang direplikasi hingga SARS-CoV-2 terdeteksi jika ada. 

Tes swab PCR COVID-19 adalah tes untuk mendeteksi keberadaan virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 dengan cara melakukan swab untuk mengambil lendir dari hidung atau tenggorokan.

Swab atau usap adalah cara untuk mendapatkan (sampel) yang dilakukan pada nasofaring dan/atau orofaring. Caranya dilakukan dengan menggosok rongga nasofaring dan/atau orofaring menggunakan alat seperti kapas khusus mirip cotton bud berbentuk kecil dan panjang.

Kapan harus tes swab PCR untuk COVID-19?

Tes swab PCR COVID-19 mungkin direkomendasikan untuk Anda apabila Anda mengalami kondisi seperti gejala COVID-19, yaitu:

  • Demam atau kedinginan
  • Batuk
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas
  • Kelelahan
  • Nyeri otot atau tubuh
  • Sakit kepala
  • Tidak bisa merasa atau mencium bau
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat atau pilek
  • Mual atau muntah
  • Diare

Waktu lain atau alasan lain yang tepat untuk Anda mendapat tes swab PCR adalah ketika:

  1. Mengonfirmasi hasil tes sebelumnya

Lakukan tes swab PCR sesegera mungkin jika:

  • Anda telah melakukan tes rapid antigen dan mendapatkan hasil positif atau sampel tes Anda tidak dapat dibaca (hasil batal)
  • Sampel tes Anda tidak dapat dibaca

Jika gejala COVID-19 muncul, tetap di rumah sampai Anda mendapatkan hasil tes ke-2.

  1. Jika Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang dites positif

Jika Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang dites positif COVID-19, Anda memiliki kemungkinan untuk terpapar juga, baik dengan gejala maupun tanpa gejala. Untuk itu Anda bisa melakukan tes swab PCR untuk memastikan apakah Anda positif COVID-19 atau tidak.

  1. Masuk rumah sakit atau hendak dioperasi

Di era pandemi ini, Anda mungkin mendapatkan tes swab PCR saat hendak masuk rumah sakit atau menjalani suatu operasi atau prosedur medis. Ini akan disesuaikan dengan saran dari dokter Anda, dan pihak rumah sakit yang akan mengaturnya.

  1. Bepergian ke luar negeri 

Sebelum, selama atau sepulang Anda dari bepergian ke luar negeri, tes swab PCR menjadi pemeriksaan yang wajib di lakukan untuk mendeteksi virus. Ini juga dibarengi dengan karantina mandiri selama beberapa hari atau maksimal 2 minggu baik setelah sampai di tempat liburan atau setelah pulang dari liburan. Namun, peraturan tes dan karantina bisa berbeda di negara satu dengan lainnya. 

Tes swab PCR masih menjadi standar emas untuk menentukan status kesehatan Anda, yaitu apakah terdeteksi memiliki virus aktif dalam tubuh. Tes swab PCR akan sangat membantu untuk mengambil tindakan isolasi jika tubuh positif terpapar virus. 

Ini dapat menghindari penyebaran virus lebih luas dan bisa membantu mengambil tindakan perawatan untuk pasien yang terkonfirmasi. Waktu yang tepat untuk mengambil tes swab PCR adalah ketika Anda merasakan gejala COVID-19 dan atau berkontak dekat dengan orang yang positif COVID-19.

Temukan berbagai tes swab PCR di fasilitas kesehatan terdekat dengan lokasi Anda dan harga khususnya di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*