Gentasolon, Krim Yang Tepat Untuk Pertolongan Pertama Mengatasi Ruam Kulit Anda

  • November 12, 2021

Ruam kulit merupakan salah satu gangguan pada kulit yang sering terjadi. Kondisi ini ditandai dengan adanya noda kemerahan, bintil atau luka lepuh yang disebabkan karena adanya iritasi atau peradangan. Kadang kala ruam yang muncul pun bisa mengakibatkan rasa gatal yang terkadang memiliki sensasi seperti terbakar. Krim Gentasolon bisa Anda gunakan sebagai langkah utama dalam mengatasi ruam kulit.

Krim Gentasolon mengandung zat aktif fluocinolone acetonide dan gentamicin sulfate yang sangat ampuh dalam mengatasi penyakit kulit yang disertai infeksi bakteri. Jadi, jika Anda mengalami ruam kulit, menjadi pilihan tepat untuk menggunakan krim ini. Ruam kulit sebetulnya bisa hilang dengan sendirinya tetapi ada beberapa jenis ruam kulit yang membutuhkan penanganan intensif agar bisa benar – benar hilang.

Ruam kulit sendiri memiliki karakteristik yang beragam berdasarkan pada penyebab terjadinya ruam kulit. Kondisi ini pun bisa terjadi pada anak – anak atau pun orang dewasa. Berikut ini beberapa jenis ruam kulit beserta dengan karakteristiknya masing – masing.

  1. Herpes zoster

Herpes zoster  yang dikenal dengan cacar api atau cacar ular merupakan penyakit kulit yang terjadi karena adanya infeksi virus. Ruam pada herpes zoster menyebabkan rasa nyeri, gatal atau kesemutan, hingga perih yang hanya muncul di salah satu sisi tubuh dengan pola yang terlihat segaris. Selain itu, kemunculan dari ruam penyakit ini akan diikuti dengan tanda lain seperti bintil merah yang berisi cairan. Nantinya bintil akan berkembang menjadi luka lepuh yang mudah pecah sehingga meninggal luka berkerak pada permukaan kulit.

  1. Kurap

Ruam selanjutnya adalah kurap yang disebabkan karena adanya infeksi jamur di kulit. kurap biasanya muncul di kulit tubuh, kulit kepala, selangkangan atau pun di kuku. Berbentuk cincin yang tebal di bagian tepi dan bersisik di tengahnya merupakan bagian ciri dari ruam ini. Kurap menyebabkan rasa gatal atau perih dan dapat membuat kulit melepuh atau mengelupas.

  1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan peradangan pada kulit yang diakibatkan karena terkena paparan zat pemicu alergi atau zat yang menjadi iritan seperti debu, polusi atau produk – produk kosmetik. Ruam dari dermatitis kontak ini akan terasa kasar dan gatal. Ruam ini bisa bertahan hingga 2 minggu sampai 1 bulan dan akan muncul dalam waktu cepat, yaitu beberapa menit atau jam setelah kulit Anda terkena paparan alergen atau zat iritan.

Memang kebanyakan ruam kulit ini tidak berbahaya, tetapi tetap saja Anda perlu mewaspadainya karena beberapa ruam kulit bisa menjadi tanda dari penyakit yang serius. Maka dari itu, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika muncul ruam kulit yang terlihat tidak wajar dan sudah menganggu aktivitas Anda. Pemeriksaan ke dokter harus segera Anda lakukan jika ruam yang terjadi seperti ini.

  • Ruam yang muncul secara mendadak dan secara cepat menyebar
  • Muncul hampir di seluruh bagian tubuh
  • Disertai demam saat ruam terjadi
  • Muncul tanda lain seperti membengkak, nyeri, sampai mengeluarkan cairan kuning kehijauan

Jadi, meski pun sebagai langkah awal pertolongan terhadap ruam bisa diatasi dengan menggunakan krim Gentasolon, Anda tetap perlu mewaspadai setiap perkembangan dari ruam kulit yang terjadi. Anda harus segera memeriksakan ke dokter apabila ruam yang muncul tidak kunjung membaik dan justru disertai dengan gejala lain yang muncul.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*