Manfaat 7 Minute Workout untuk Kesehatan

Manfaat 7 Minute Workout untuk Kesehatan

  • September 15, 2021

7 minute workout  sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apalagi buat Anda yang sedang sibuk, Anda bisa meluangkan waktu hanya 7 menit untuk melakukan aktivitas workout.

Gerakan olahraga yang dilakukan pada 7 minute workout ini dikemas dalam rutinitas latihan yang melibatkan seluruh tubuh dalam waktu yang singkat. Berikut beberapa gerakan yang mencakup 7 minute workout.

1. Push-up

2. Ab Crunch

3. Step-up

4. Squat

5. Triceps dip di atas kursi

6. Plank

7. High knees

8. Lunges

9. Push-Up and Rotation

10. Side plank

Manfaat 7 Minute Workout 

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari melakukan 7 minute workout. Manfaat yang bisa dirasakan yaitu hemat waktu, mudah menyesuaikan dengan rutinitas sehari-hari, mudah dilakukan untuk pemula, tidak mengintimidasi, dan memberikan keuntungan aktivitas kebugaran kardio.

Tak hanya itu, olahraga secara umum juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Bahkan, olahraga juga dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Berikut beberapa manfaat olahraga secara keseluruhan.

1. Bisa Membuat Lebih Bahagia

Olahraga sudah memiliki bukti dapat membantu membuat suasana hati lebih tenang dan bebas dari perasaan depresi, cemas, dan stres. Tidak berhenti sampai di situ, aktivitas olahraga juga dapat menghasilkan perubahan pada bagian otak yang dapat mengatur stres dan kecemasan. Hal ini jugalah yang dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin yang dapat meredakan perasaan depresi.

Olahraga juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin, yaitu hormon yang dapat membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi rasa sakit. Olahraga juga terbukti untuk mengurangi stres dan memperbaiki gejala kecemasan.

Akan tetapi, tidak peduli seberapa intens olahraga yang Anda lakukan, suasana hati Anda tetap dapat diperbaiki menggunakan olahraga. Olahraga juga menimbulkan efek pada suasana hati yang sangat kuat Efek olahraga pada suasana hati sangat kuat. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam keadaan yang tidak baik, lebih baik Anda memilih melakukan olahraga, karena hal tersebut bisa membuat perbedaan dalam waktu yang singkat. 

2. Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas. Olahraga juga sangat penting untuk mendukung metabolisme yang sehat dan membakar lebih banyak kalori per hari. Hal ini juga yang membantu Anda untuk mempertahankan massa otot dan penurunan berat badan.

3. Baik untuk Kesehatan Otot dan Tulang

Olahraga memiliki fungsi yang penting untuk membantu membangun dan mempertahankan kesehatan otot dan tulang yang kuat. Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga yang bermanfaat untuk merangsang pembentukan otot, seperti olahraga angkat besi. Akan tetapi jika Anda ingin merawat otot dan tulang, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Aktivitas fisik juga dapat membantu Anda untuk membangun otot dan tulang yang kuat. Olahraga juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

4. Meningkat Tingkat Energi

Meski terkadang membuat Anda lelah, aktivitas olahraga justru dapat membuat energi di dalam tubuh menjadi bertambah, dan hal ini sering dialami oleh banyak orang, termasuk mereka yang memiliki berbagai kondisi medis. Olahraga juga sangat bermanfaat untuk memberikan peningkatan tingkat energi khususnya kepada orang dengan sindrom kelelahan kronis (CFS) dan penyakit serius lainnya. Rutin melakukan aktivitas olahraga juga bisa menjadi metode pengobatan yang efektif dalam melawan CFS daripada menggunakan metode perawatan lain, termasuk terapi pasif seperti relaksasi dan peregangan atau tanpa perawatan sama sekali.

5. Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Jika Anda tidak melakukan atau kurang melakukan aktivitas fisik secara teratur, maka hal ini dapat menimbulkan penyakit kronis pada tubuh. 

Jika Anda melakukan olahraga secara teratur, maka hal tersebut sangat bermanfaat dan telah terbukti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, kesehatan jantung, dan komposisi tubuh. Hal ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Sebaliknya, jika Anda kurang teratur untuk melakukan aktivitas olahraga, bahkan dalam jangka pendek saja juga dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Itu sebabnya aktivitas fisik secara teratur dianjurkan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi risiko mengembangkan kondisi ini.

Dengan mengetahui manfaat olahraga dan 7 minute workout, Anda bisa menyesuaikannya dan menerapkan dalam kebiasaan sehari-hari untuk memiliki fisik dan mental yang sehat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*